Cara merawat landak kerdil Afrika

Cara merawat landak kerdil Afrika

Alih-alih kata pengantar
Saya akan menceritakan sebuah kisah setua dunia. Tentunya banyak yang akan mengenali diri mereka di dalamnya …
Kesalahan paling umum yang dilakukan oleh homo sapiens adalah memanusiakan hewan dan memberi mereka segala jenis kebajikan untuk penampilan luar mereka. Tetapi lebih lagi kita salah dalam membawa makhluk terkasih dari alam liar ke dalam rumah (tanpa mengetahui apa-apa tentang dia) dan kita berpikir bahwa kita akan saling mencintai dan bahagia. Ketika saya masih kecil, teman-teman saya memberi saya landak yang tertangkap di hutan untuk ulang tahun saya. Laki-laki atau perempuan ini tidak dikenal, tetapi dia segera dibaptiskan Hedgehog dan dengan sungguh-sungguh dibawa ke rumah.

Pet Supplies Toko Online, Toko Hewan, Klinik Hewan

Pada malam pertama, Yozhka menunjukkan esensinya dengan segala kemuliaan. Dia melepas kertas dinding, mencoba “menggali” lantai kayu rumah neneknya dan “menandai” di semua sudut. Dia menginjak seperti kawanan mammoth fanatik (tentu saja, pada malam hari), mengeluarkan aroma barak dan toilet stasiun pada saat yang sama dan beberapa hari kemudian neraka ini diusir dari rumah di bawah raungan saya dan kebohongan orang dewasa bahwa “landak melarikan diri ke hutan, ia ada anak-anak kecil. ”

Landak kerdil Afrika

Semua orang suka landak, tetapi mereka takut (dan memang demikian) untuk mendapatkan salinan kartun biang keringat di rumah. Karena itu, hari ini kami akan memberi tahu Anda tentang landak mukjizat, yang menyenangkan untuk dikandung. Itu tidak menginjak, hampir tidak berbau, tidak menunjukkan agresi kepada manusia dan, omong-omong, hidup lebih lama daripada kebanyakan hewan peliharaan kecil yang dikurung (misalnya, hewan pengerat hias, dan landak adalah perwakilan dari urutan serangga): sekitar 5-8 tahun. Fashion untuk landak kerdil baru saja mulai mendapatkan momentum, tetapi, tentu saja, hewan peliharaan yang menawan ini memiliki masa depan yang cerah. Mungkin Anda akan memesan landak pertama di Moskow atau di luar negeri, tetapi beberapa tahun akan berlalu, dan landak dapat dilihat di toko hewan peliharaan yang bagus atau dilihat di pameran …

Hedgehog kerdil Afrika tidak ditemukan di alam liar. Ini adalah spesies yang dibiakkan secara buatan oleh manusia! Fashion untuk landak datang ke Rusia dari Amerika Serikat dan Kanada, tetapi bahkan yang paling ingin tahu dan pemahaman dalam genetika dan landak biologi tidak memberikan jawaban yang tepat dalam publikasi online: siapa tepatnya, di kota mana, di tahun mana dan dengan cara apa ia mengeluarkan landak Afrika pertama. Salah satu tautan menunjukkan bahwa leluhur pahlawan cerita kita adalah landak Aljazair dan perut putih: hewan dengan genom, eksterior, ekologi, dan gaya hidup yang sangat mirip. Landak ini hanya berbeda dalam ukuran “topeng” pada wajah, bentuk telinga dan sedikit perbedaan ukuran. Melalui kawin silang antara hewan Aljazair dan hewan perut putih baik antarraspesifik maupun interspesifik, manusia berhasil memperoleh banyak morf (warna) cerah dan indah dari landak kerdil Afrika. Namun, kami akan kembali ke morf …

Agar tidak menyesatkan pembaca, kami mulai dengan informasi peringatan

Informasi peringatan

африканские ежики
африканские ежики

Landak kerdil Afrika 1. Landak yang baik seperti mobil yang bagus – tidak mungkin murah! Harga landak bervariasi tergantung pada kelangkaan warna. Jika Anda ingin memiliki hewan peliharaan yang sehat, cantik, dan penuh kasih sayang, bersiaplah untuk membayar dan katakan tidak pada pasar burung, pengecer, dan iklan yang dipertanyakan di Internet. Pepatah yang dibayar dua kali oleh orang-orang serakah juga berlaku untuk landak: memimpikan keju gratis dalam perangkap tikus, Anda berisiko membeli binatang tua atau sakit dari orang yang tidak jujur, kemudian berbelanja dengan dokter hewan dan menjadi kecewa dengan impian dan harapan Anda.

2. Sekarang di negara kita ada sangat sedikit pembibitan landak Afrika kerdil. Karena itu, Anda mungkin harus memilih hewan peliharaan, dipandu oleh foto-foto di Internet dan mencari peluang (kereta kondektur, sopir bus antarkota, dll.), Atau pergi ke kota lain sendiri untuk membeli pemotong kecil.

3. Landak membutuhkan perawatan pencegahan dari ekto dan endoparasit.

4. Terlepas dari kesederhanaan perawatan dan sifat alami hewan peliharaan yang baik, landak kerdil Afrika bukanlah hewan “bayi”. Saat membeli landak untuk anak, ingat tanggung jawab pribadi Anda untuk yang dijinakkan. Mungkin beberapa tindakan untuk merawat hewan tersebut akan sangat tak tertahankan bagi seorang pria kecil (deteksi gejala penyakit, kunjungan ke dokter hewan, pembiakan, perawatan untuk wanita hamil atau menyusui, memberi makan landak dengan serangga, dll).

Landak kerdil Afrika

5. Saat membeli hewan peliharaan berduri, cari tahu terlebih dahulu apakah ada dokter hewan di kota Anda yang memiliki pengalaman dengan hewan eksotis. Banyak metode pengobatan dan beberapa obat yang digunakan untuk anjing dan kucing dikontraindikasikan dan bahkan mematikan untuk landak! Untuk informasi lebih rinci dan daftar semua “mungkin” dan “tidak mungkin”, kami sarankan Anda menghubungi grup VKontakte (lihat daftar referensi di akhir artikel).

6. Landak TIDAK makan pakan biji-bijian seperti tikus dan burung. Anda harus membeli makanan kucing dari kelas super premium, daging segar (fillet), sayuran, buah-buahan, dan serangga pemakan sepanjang tahun. Makanan kucing merupakan hal mendasar dalam diet landak, tetapi Anda tidak dapat melakukannya tanpa camilan, suplemen, dan vitamin.

Jika informasi ini tidak membuat Anda takut – selamat! Mungkin Andalah yang akan menjadi peternak pertama dari landak kerdil Afrika di kota Anda. Tetapi bahkan mengambil hewan peliharaan “untuk jiwa”, Anda akan menikmatinya dengan memperhatikan kebiasaannya, mengagumi kecantikannya dan berbicara dengan orang yang berpikiran sama di Internet.

Konten Landak Kerdil Afrika
Kandang untuk landak kerdil harus luas – semakin besar semakin baik. Sebagai pengisi, gunakan serbuk gergaji atau pengisi kayu yang dibeli untuk tikus. Anda tidak dapat menggunakan serbuk kayu cedar, serbuk gergaji dari spesies pohon resin dan bahan alas tidur yang mengandung minyak esensial – mereka beracun bagi landak!

Landak kerdil Afrika

Di kandang untuk landak harus ada tempat berlindung, sudut “toilet”, pengumpan, mangkuk minum, dan, tentu saja, roda berjalan. Diameter roda untuk landak setidaknya 28 cm. Landak harus berjalan di roda: ia memimpin gaya hidup malam hari, perlu banyak bergerak dan membutuhkan permainan luar yang tidak bisa diganti dengan berjalan-jalan di sekitar ruangan. Roda harus padat, padat (plastik) dan tidak boleh memiliki struktur seluler atau kisi untuk menghindari cedera pada kaki. Ini juga merupakan kontraindikasi untuk menyimpan landak di kandang dengan lantai teralis! Semua landak (baik Afrika dan lainnya) disesuaikan untuk berjalan di permukaan yang datar.

Saat membeli kandang untuk landak, ingatlah bahwa landak adalah pendaki yang hebat, jadi kandang atau terarium terbuka tidak cocok untuk Anda: hewan peliharaan Anda pasti akan berusaha melarikan diri. Jangan membeli kandang dengan jarak yang jauh antara batang (seperti untuk musang atau kelinci): landak kecil dapat “bocor” melalui perapian atau menjadi macet.

Kandang (atau terarium) harus memiliki ventilasi yang baik. Hindari angin, angin matahari langsung tanpa ampun (landak harus bisa bersembunyi dari mereka). Suhu optimal di ruangan harus 20-25 ° C, terlalu panas sangat berbahaya bagi kesehatan landak.

Pembersihan kandang harus sering dilakukan. Jika landak telah memilih sudut tertentu untuk toiletnya, yang tidak selalu terjadi, tetapi itu terjadi, bersihkan setiap hari, dan 1-2 kali seminggu lakukan pembersihan menyeluruh di dalam sangkar dengan wajan cuci dan gosok batang. Pengumpan dan peminum harus selalu bersih!

Jika landak tidak minum, fenomena ini memiliki dua alasan:
1) dia sakit dan Anda harus segera lari ke dokter hewan;

2) ia terbiasa minum dari mangkuk dan tidak terbiasa minum. Hubungi peternak Anda dan tanyakan kepadanya apakah hewan peliharaan dapat menggunakan peminum dan dalam kondisi apa ia disimpan sebelumnya. Dimungkinkan untuk “melatih kembali” landak, tetapi sulit – dan ini berlaku tidak hanya pada kebiasaan, tetapi juga pada diet. Internet menggambarkan kasus-kasus ketika hewan peliharaan dibawa ke rumah baru tidak ingin makan atau minum tidak hanya karena stres, tetapi juga karena sedikit perubahan dalam pemberian makan dan pemeliharaan.

Hedgehog kerdil Afrika tidak termasuk dalam hibernasi. Gaya hidup “musim panas” -nya seharusnya tidak jauh berbeda dari gaya hidup “musim dingin”: jangan sampai putus, jangan memiskinkan dan jangan secara dramatis mengubah kondisi makanan dan suhu tubuhnya. Landak tidak memerlukan pencahayaan tambahan dan radiasi ultraviolet, namun, dalam situasi krisis (cuaca beku atau panas, baterai dimatikan, dll.), Landak akan membutuhkan sumber cahaya dan panas buatan, atau sebaliknya, pendinginan. Dalam kasus apa pun jangan letakkan kandang atau terarium di dekat radiator atau kipas sehingga hewan tidak kepanasan, atau sebaliknya, tidak masuk angin. Sangat sulit untuk membuat suntikan, menyelamatkan dari dehidrasi, heatstrokes atau mengobati landak dengan antibiotik di rumah (terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman yang sesuai).

Mitos, legenda, dan fakta tentang landak
Landak kerdil Afrika
Mitos Satu:
“Landak saya minum susu dari cawan”
Berhenti. Serahkan pada penulis dan animator. Hedgehog kerdil Afrika dewasa tidak bisa menoleransi laktosa. Cobalah memberinya makan “seperti dalam kartun”, dan dalam kasus ringan Anda akan menyingkirkan diare, dan dalam kasus terburuk, penyakit pencernaan dan bahkan kematian. Produk susu (kecuali ASI pada periode menyusui) merupakan kontraindikasi untuk landak.

Mitos Dua:
“Landak menyukai apel dan jamur. Dia membawa mereka dengan jarum dan persediaannya. ”
Sekali lagi, salam berapi-api kepada penulis dan seniman anak-anak Uni Soviet. Memberi buah-buahan kepada landak adalah mungkin dan perlu: itu adalah sumber vitamin, serat nabati dan makanan lezat yang lezat. Tetapi tidak ada pertanyaan tentang jamur atau buah kering (beberapa pendongeng telah membawa pekerjaan mereka untuk menyelesaikan kegilaan dan mengklaim bahwa landak diduga mengeringkan buah-buahan dan jamur yang digantung pada jarum atau menyeretnya ke bulu dan mengering di sana). Kami akan memberi tahu Anda tentang apa yang Anda bisa dan tidak bisa memberi makan landak Afrika kerdil domestik di bagian Feeding.

Namun – dalam hal apapun jangan merangkai objek yang berbeda pada jarum landak. Jarum landak bukan cangkang kura-kura. Mereka benar-benar melayani landak untuk pertahanan diri, tetapi bukan hak istimewanya atau sifat spesies paling langka. Landak (hewan pengerat) dan echidna (hewan berkantung) dan hewan lainnya memiliki jarum. Jarum adalah epidermis keratin – sama seperti rambut atau kuku, hanya struktur yang sedikit berbeda. Di dalam jarum, jarum berlubang, mengandung septa transversal dan terus diperbarui (tidak dalam bentuk molting intensif, tetapi terus-menerus, sepanjang tahun, 1-2 jarum sekaligus).

Jarum landak sama sekali tidak membatalkan keberadaan mantel (landak adalah bulu “utuh”; rambut tipis, halus, pendek juga ditemukan di antara jarum). Sekarang bayangkan jika makhluk asing tertentu yang memenjarakan Anda di kandang untuk eksperimen akan menempelkan benda-benda yang berbeda pada rambut Anda dan mengguncangnya. Hedgehog merasakan hal yang sama, di atas jarum yang anak-anak kecil dan terutama orang dewasa “pintar” mengejek dan menghibur.

Kembali ke landak kartun kami … Memang, di alam liar Anda dapat menemukan landak dengan daun yang disematkan pada jarum. Kemungkinan besar, mereka secara tidak sengaja memukul punggungnya ketika dia berbaring di tanah atau meringkuk (ngomong-ngomong, otot-otot khusus bertanggung jawab atas kemampuan untuk meringkuk di sekitar landak). Rupanya, sentuhan menyentuh landak dengan daun ini telah menghasilkan begitu banyak kesalahpahaman sastra.

Tetapi ada satu fakta menarik yang tidak dapat diberhentikan: banyak saksi mata yang secara konstan menemukan landak dengan … puntung rokok di punggung mereka (mengingat program dan undang-undang anti-nikotin terbaru: maafkan saya Kementerian Kesehatan). Mengapa landak membawa kotoran ini? Ada dua versi:

1) landak tinggal di hutan, di mana ada terlalu banyak penghuni musim panas dan pemetik jamur yang tidak ingin membersihkan sampah mereka;
2) landak secara khusus mencari puntung rokok dan berkubang di dalamnya menggunakan tembakau dan citarasa lain, resin, dan “kimia” berbahaya lainnya sebagai obat antiparasit. Bagaimanapun, tidak mungkin untuk melakukan ini dengan landak rumah. Untuk menghindari parasit kulit dan cacing, ambil landak dari persemaian yang baik, dan kemudian, setelah beberapa bulan, pastikan untuk membawanya ke dokter hewan untuk diperiksa. Tidak perlu meracuni remah-remah tender kecil dengan segala macam obat “pembunuh”, tetapi jika landak sudah dewasa, ia mungkin perlu pencegahan, tetapi dokter seperti apa yang akan diceritakan oleh peternak Anda atau peternak dari siapa Anda membeli landak.

Mitos Tiga:
“Untuk memakan landak, rubah mendorongnya menjadi aliran, setelah itu berbalik” (sumber: sama).
Mungkin di alam liar ada kasus seperti itu. Namun, kecil kemungkinan bahwa pemangsa akan menggunakan proses berburu yang meragukan dan melelahkan untuk mendapatkan bakso kecil (bandingkan proporsinya), kecuali sangat kelaparan. Dan lagi – demi Tuhan, jangan “coba ulangi” ini di rumah. Ada banyak video menyentuh di Internet dengan landak mandi di bak mandi (sementara pasukan memungkinkannya untuk tetap di air, mengalami tekanan hebat). Memang, di alam liar, landak mengembangkan kecepatan yang baik ketika bergerak (hingga 3 m / s), dan juga melompat dan berenang dengan sempurna, tetapi apakah hewan peliharaan ini membutuhkan kesadisan ini? Tidak ada satu pun hewan peliharaan (dengan pengecualian langka) yang perlu dimandikan untuk bersenang-senang: ia bebas merawat kulit dan bulunya. Landak harus dicuci hanya jika jatuh di lumpur atau menjadi sesuatu yang lengket, dll. Landak tidak hanya menjilati wol mereka, tetapi juga membersihkan jarum dengan bantuan cakar tajam pada cakar mereka.

Beberapa sumber di Internet mengatakan bahwa landak lebih suka mandi kering (pasir) daripada prosedur air. Untuk keperluan ini, pasir mandi khusus dari toko hewan peliharaan dan wadah (mandi) untuk chinchilla atau degus cocok.

Empat Mitos:
“Landak harus menginjak, gemerisik, kepulan dan mendengus”
Lagi – halo ke kartun.

Mungkin, dari sudut pandang hewan, kita juga menghentakkan kaki, mengisap dan berteriak. Namun, di alam liar, setiap organisme hidup berusaha mengeluarkan suara sesedikit mungkin: melarikan diri dari pemangsa atau sebaliknya, secara tak terlihat merayap menuju mangsa. Ketenangan dan keheningan di apartemen Anda secara langsung tergantung pada apakah Anda menjaga landak dengan benar: apakah kandang dipilih dengan baik, apakah peliharaannya baik-baik saja, dan apakah penuh energi di dalam roda. Sekali lagi kita mengingat pepatah: kaum serakah membayar dua kali. Baik, mahal, dipesan atau dibeli di tempat yang tepat, roda yang berjalan tidak berderak atau berderit.

Mitos Lima:
“Landak akan menangkap semua tikus dan tikus”
Mungkin ini berlaku untuk landak biasa yang hidup di garis lintang kita (namun, penilaian ini juga merupakan mitos: landak jarang memakan tikus). Pygmy hedgehog Afrika jauh lebih kecil, sehingga tidak akan menggantikan kucing dan tikus Anda.

Memberi makan landak kerdil Afrika
Landak kerdil Afrika

Makanan utama landak kerdil Afrika adalah makanan kucing super premium. Dalam komposisinya, tidak boleh ada produk yang mengandung pati (jagung, kentang, dll), serta pewarna dan penggantinya. 3 komponen pertama, dan lebih disukai 5 komponen haruslah daging (ayam, kalkun, domba, sapi, serta buah-buahan dan sayuran). Selain makanan utama, Anda bisa memberikan barang tambahan.

Apa yang dapat Anda berikan kepada landak:
Daging tanpa lemak (ayam, kalkun, domba, bebek, dll.) Dimasak atau dikukus tanpa garam dan rempah-rempah. Pada dasarnya, semua jenis ikan aman, tetapi bisa memengaruhi bau tinja dan urin.

Ikan landak dimasak atau dikukus tanpa tulang, garam dan rempah-rempah.
Buah-buahan: apel, pisang, melon, ceri diadu, cranberry, pepaya, pir, aprikot, labu, raspberry, Jerusalem artichoke, stroberi, semangka, blueberry, blueberry, kiwi.
Sayuran: asparagus, brokoli, wortel, mentimun, kacang hijau, paprika, kacang polong, bayam, zucchini.
Telur rebus atau orak-arik tanpa garam, saus dan rempah-rempah. Telur puyuh bisa diberikan mentah. Makanan bayi tanpa pewarna atau pengawet. Serangga: zofobasi, jangkrik, belalang, kecoak.

Anda tidak dapat memberikan landak:
Susu dan produk apa pun yang mengandung susu – seperti yang sudah kami tulis, landak tidak mentolerir laktosa dan makan produk tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Nanas – berbahaya karena keasaman buah ini, yang dapat menyebabkan iritasi pada rongga mulut. Buah-buahan kering – mungkin macet, menempel pada laring.
Anggur – berbahaya bagi sebagian besar hewan peliharaan kecil. Dapat menyebabkan kegagalan fungsi organ dalam. Kismis sama berbahayanya dengan anggur, dan selain itu, kismis dapat tersangkut di gigi atau menempel ke langit, yang menyebabkan penyakit gigi dan peradangan di mulut.
Minyak pohon teh – dapat menyebabkan kematian bahkan dari dosis yang sangat kecil dari zat yang dimakan atau bahkan dihirup oleh landak.
Alpukat beracun, ada kasus keracunan dengan produk ini.
Kacang-kacangan dan biji-bijian – dapat menempel di langit, tersangkut di gigi dan merusak mata Anda saat landak mencoba mengeluarkannya dari cangkang.
Buah jeruk apa saja.
Bawang bawang putih.
Makanan cepat saji, keripik, dll. Cokelat.
Produk yang mengandung pewarna, zat tambahan makanan dan pengawet kimia berbahaya bagi landak karena alasan yang sama seperti manusia. Hanya pada landak kerdil semua konsekuensi dari makan makanan seperti itu lebih akut dan lebih cepat daripada manusia.